Saturday, August 26, 2017

Lintasan Bintang Dan Eksistensi Dark Matter

Selama rotasi bumi, beberapa bintang terbit dari bawah cakrawala timur dan kemudian terbenam di bawah cakrawala barat. Karena itu, bintang-bintang ini disebut terbit dan terbenam. Sudut terbit dan terbenam bintang (termasuk matahari) adalah sama untuk semua bintang yang terbit dan terbenam bagi pengamat tersebut. Secara khusus, sudutnya adalah 90 ° - | lintang pengamat |. Ada sedikit perbedaan untuk belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Di belahan bumi utara sudut miring ke arah selatan. Adapun di belahan bumi selatan sudut miring ke arah utara.


Bintang di dekat langit kutub (utara & selatan) membuat lingkaran kecil dan mungkin tidak melewati bidang cakrawala. Bintang-bintang yang selalu berada di bawah cakrawala tidak akan pernah terbit. Adapun bintang-bintang yang selalu berada di atas cakrawala - disebut bintang sirkumpolar – terbit dan terbenam dengan pola tertentu. Bintang sirkumpolar untuk belahan bumi utara tidak pernah terbit untuk belahan bumi selatan dan sebaliknya.

Al-Qur’an menjelaskan hal ini dalam ayat berikut:

Maka aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui. [Surat Al-Waqi’ah ayat 75-76]

Dalam sebuah pengamatan di wilayah Utah (Amerika Serikat), bintang-bintang di langit terbit dari arah timur (seperti matahari). Bintang-bintang tersebut terbit secara diagonal, tidak lurus ke atas. Mereka bergerak secara diagonal dari utara (kiri) ke selatan (kanan). Setelah beberapa jam, bintang-bintang yang sama akan tampak di langit tinggi bagian selatan. Di utara, bintang terbit di timur laut dan terbenam di barat laut, bergerak berlawanan arah jarum jam mengelilingi titik yang tinggi di atas cakrawala utara.

Ilustrasi dark matter. Image: Wikimedia
Galaksi Bima Sakti melakukan rotasi, sama seperti semua galaksi spiral lainnya. Bintang-bintang di langit bergerak mengorbit di seputar pusat galaksi. Bukan hanya itu saja, adanya gerakan bintang-bintang di galaksi selain Bima Sakti mengarah pada teori adanya dark matter di alam semesta. Para ilmuwan tidak bisa melihat dark matter secara langsung, namun bisa mempelajari efeknya. Bukti adanya dark matter dalam hal ini adalah bintang-bintang mengorbit di galaksi mereka lebih cepat dari seharusnya. Hal ini hanya dapat terjadi jika ada sejumlah besar materi tak terlihat yang terikat di setiap galaksi, berkontribusi pada keseluruhan massa dan tingkat rotasi.

Dark matter adalah jenis materi yang dianggap berperan penting atas sebagian besar massa di alam semesta. Menurut Planck mission, dan berdasarkan model standar kosmologi, Dark matter diperkirakan mencapai 84,5 persen dari total materi di alam semesta. Karena Dark matter sepertinya tidak memberi atau memantulkan cahaya, sinar-x, atau radiasi lainnya, instrumen yang digunakan untuk menemukan materi normal (seperti gas panas, bintang, planet, dan sebagainya) tidak dapat digunakan untuk menemukan Dark matter. Tampaknya dark matter itu tidak terbuat dari hal yang sama seperti yang kita lihat setiap hari di Bumi. Banyak ilmuwan berpikir bahwa dark matter eksis di bumi, tersembunyi tepat di bawah hidung kita. Tetapi kita tidak bisa melihatnya. Wallahu a’lam bishawaab.