Wednesday, April 6, 2016

Kapal Titanic Merupakan Simbol Keangkuhan Manusia

Menurut beberapa hipotesis, Titanic sejak awal dirancang dengan desain yang banyak dipuji sebagai teknologi mutakhir. Kapal paling mewah dan paling megah pada masanya. Titanic dilengkapi dengan pintu kedap air yang bisa dioperasikan secara terpisah atau bersamaan dengan sebuah saklar di jembatan. Karyawan dari White Star Line pada saat peluncuran Titanic, 31 Mei 1911, mengatakan bahwa Tuhan pun tidak akan bisa menenggelamkan kapal ini.

"Not even God himself could sink this ship."

Titanic. Image: Wikimedia
Pemilik dan perancang kapal Titanic telah menantang Tuhan sejak permulaan. Kesombongan mereka mengingatkan kita pada sosok Fir'aun dalam kisah Nabi Musa a.s dan Nabi Harun a.s

Dari (azab) Fir'aun. Sesungguhnya dia adalah orang yang sombong, salah seorang dari orang-orang yang melampaui batas. [Surat Ad-Dukhan Ayat 31]

Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. [Surat An-Nahl Ayat 23]

Keberangkatan Titanic dari Southampton pada tanggal 10 April 1912 bukan tanpa keanehan. Sebelum berangkat, kru kapal menemukan api batu bara kecil di salah satu bunker. Kru menyiram batu bara yang membara dan menyekopnya hingga mencapai dasar api. Setelah menilai situasi, kapten dan chief engineer menyimpulkan bahwa tidak mungkin hal itu menyebabkan kerusakan yang dapat mempengaruhi struktur lambung kapal, dan para kru diperintahkan untuk terus menjinakkan api.

Menurut sebuah teori yang diajukan oleh sejumlah kecil ahli Titanic, api menjadi tidak terkendali setelah kapal tersebut meninggalkan Southampton, memaksa awak kapal untuk mencoba berlayar dengan kecepatan penuh; Dengan kecepatan yang begitu cepat, mereka tidak dapat menghindari tabrakan fatal dengan gunung es.

Peristiwa lain yang membuat penumpang panik terjadi saat Titanic meninggalkan dermaga Southampton. Saat mulai berlayar, Titanic nyaris bertabrakan dengan kapal S.S. Line Amerika New York. Hal ini dianggap sebagai pertanda terburuk bagi sebuah kapal yang berangkat dengan pelayaran perdananya.

Ruang penerima tamu kelas satu dari Titanic, diterbitkan di The Shipbuilder, 1911. Image: National Archives
Pada tanggal 14 April 1912, setelah empat hari berlayar tanpa henti, Titanic menerima laporan sporadis tentang es dari kapal lain. Namun kapal megah tersebut tetap berlayar di laut yang tenang di bawah langit yang cerah.

Sekitar pukul 23.30 malam, seorang awak kapal melihat sebuah gunung es yang keluar dari kabut dari arah depan kapal. Menyadari hal itu, ia lalu membunyikan bel peringatan dan menaiki jembatan. Mesin kapal mencoba menghindar ke samping dan kapal itu diputar tajam. Lolos dari tabrakan langsung dengan gunung es, Titanic hanya mengalami sedikit gesekan di sepanjang sisi gunung es, menaburkan fragmen es di bagian dek depan.

Merasakan tidak ada tabrakan, awak kapal itu lega. Mereka tidak tahu bahwa gunung es itu memiliki ombak bawah air bergerigi, yang mengakibatkan goresan sepanjang 300 kaki di lambung kapal. Pada saat sang kapten berkeliling ke daerah yang rusak, lima kompartemen sudah dipenuhi air laut, dan busur kapal yang hancur itu terjepit di bawahnya, menyebabkan air laut masuk menggenangi dari sekat ke dalam kompartemen di bagian sebelah.

Para kru melakukan perhitungan cepat dan memperkirakan bahwa Titanic mungkin hanya dapat bertahan selama satu setengah jam, mungkin sedikit lebih. Pada saat itu, kapten telah menginstruksikan operator nirkabelnya untuk meminta bantuan, memerintahkan sekoci untuk dimuat.

Evakuasi sebagian besar tidak terorganisir dan serampangan dimulai dengan turunnya sekoci pertama. Banyak penumpang kapal mencoba bertahan dalam kondisi mengenaskan mengingat temperatur air laut saat itu mencapai -2 ° C. Keyakinan begitu tinggi sehingga pemilik dan perancang Titanic menolak membawa sekoci dalam jumlah banyak. Lebih dari 1.500 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.


Titanic patah menjadi dua bagian, hampir tegak lurus dan akhirnya terjun ke bawah permukaan samudra sekitar pukul 02.20 pada tanggal 15 April 1912. Sepanjang pagi, kapal Carpathia - setelah menerima panggilan darurat Titanic - mengumpulkan semua sekoci. Diperkirakan hanya berisi 705 korban yang selamat.

Al-Quran menjelaskan bahwa manusia bisa tertimpa azab ketika mereka dalam perjalanan.

Atau Allah mengazab mereka diwaktu mereka dalam perjalanan, maka sekali-kali mereka tidak dapat menolak (azab itu). Atau Allah mengazab mereka dengan berangsur-angsur (sampai binasa). Maka sesungguhnya Tuhanmu adalah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. [Surat An-Nahl Ayat 46-47]

Dalam ayat lain, Allah SWT memberi perumpamaan sebagai berikut:

Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang ... Dan dia memasuki kebunnya sedang dia zalim terhadap dirinya sendiri; ia berkata: "Aku kira kebun ini tidak akan binasa selama-lamanya ... Dan harta kekayaannya dibinasakan; lalu ia membulak-balikkan kedua tangannya (tanda menyesal) terhadap apa yang ia telah belanjakan untuk itu, sedang pohon anggur itu roboh bersama para-paranya dan dia berkata: "Aduhai kiranya dulu aku tidak mempersekutukan seorangpun dengan Tuhanku". [Surat Al-Kahf Ayat 32, 35, 42]

Rasa percaya diri yang berlebihan mirip dengan apa yang disampaikan oleh Al-Quran 14 abad yang lalu. Hal ini memberi dampak yang menggetarkan masyarakat saat Titanic tenggelam. Ada ketidakpercayaan yang luas, mana mungkin kapal secanggih itu bisa tenggelam. Mengingat sarana komunikasi yang lamban dan tidak dapat diandalkan, banyak informasi keliru yang diterima oleh masyarakat. Surat kabar awalnya melaporkan bahwa kapal tersebut telah bertabrakan dengan gunung es namun mampu bertahan dan ditarik ke pelabuhan bersama dengan semua penumpangnya.

Sekoci dipenuhi korban yang selamat dari peristiwa Titanic.Image: National Archives
Butuh berjam-jam agar berita yang akurat tersedia secara luas. Bahkan saat itu orang-orang mengalami kesulitan untuk menerima bahwa kapal dengan teknologi modern ini dapat tenggelam dalam pelayaran perdananya. Tragedi ini meruntuhkan kesombongan manusia, mengungkap fakta bahwa manusia tidak luput dari kelemahan dan kesalahan. Wallaahu a'lam bishawaab.